Informasi Terkini

Informasi

Thu 17-02-2022 07:35

.jpg
Satelit Satelit
Tidak ada Gambar

Thu 25-04-2024 17:00

T_ZIWB36_C_WIIX_20240425150503_CATSMFY_Java_last3hours_density.png
Petir Petir

Sun 27-09-2020 04:02

Wind_Forecast_24h.mp4_thumb.png
Animasi Cuaca Animasi Cuaca
Tidak ada Gambar

Early Detection for a Better Life

"Tujuan umum sistem peringatan dini siklon tropis adalah meminimalkan korban jiwa dan harta akibat bencana alam yang disebabkan oleh siklon tropis melalui penyediaan peringatan dini yang tepat waktu dan akurat bagi masyarakat yang terancam bahaya."

Sejarah singkat TCWC Indonesia

Indonesia merupakan anggota Regional Association V Tropical Cyclone Committee (RA-V TCC), sebuah komite internasional di bawah Organisasi Meteorologi Dunia (WMO). Komite ini dibentuk pada sidang RA V-IX tahun 1986 yang lalu memutuskan pengoperasian pusat-pusat peringatan dini siklon tropis di seluruh dunia. Dan pada pertemuan ini Indonesia mendapat kewajiban untuk memberikan peringatan dini siklon tropis pada daerah tanggung jawabnya, yaitu 90° - 125° BT, 0° - 10° LS

Pada sidang RA V-XII tahun 1998 diputuskan bahwa untuk sementara waktu tanggung jawab pembuatan peringatan dini siklon tropis untuk daerah tanggung jawab Indonesia diambil alih oleh Australia (interim arrangement), sampai suatu saat ketika Indonesia memiliki kemampuan yang cukup untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut.

Pada sidang RA V TCC tahun 2006 diputuskan bahwa Indonesia akan mengambil alih kembali daerah tanggung jawabnya pada musim siklon 2007/2008. TCWC Jakarta mulai resmi beroperasi pada tanggal 24 Maret 2008.

Pengoperasian TCWC Jakarta

  1. Latar belakang
    1. Tanggung jawab internasional

Berdasarkan WMO Tropical Cyclone Operational Plan for South Pasific and South East Indian Ocean (TCP-24) edisi 2006, bahwa Indonesia harus mengoperasikan TCWC Jakarta untuk area 90° - 125° BT, 0 - 10° LS mulai musim siklon tropis 2007/2008.

  1. Kebutuhan internal BMKG

Meskipun Indonesia bukan merupakan daerah lintasan siklon tropis, namun keberadaan siklon tropis di sekitar wilayah Indonesia (Pasifik Barat Daya dan Samudra Hindia bagian Tenggara) turut berperan dalam pembentukan pola cuaca di wilayah Indonesia.

  1. Tugas dan tanggung jawab
    1. tanggung jawab internasional untuk mengeluarkan dan menyebarluaskan informasi dan peringatan dini laut lepas (High Seas Warning) pada daerah tanggung jawab TCWC jakarta (90° - 125° BT, 0° - 10° LS)
    2. mengeluarkan dan menyebarluaskan informasi dan peringatan dini siklon tropis dan cuaca buruk yang diakibatkannya bagi masyarakat di seluruh daratan dan pantai indonesia
  2. Aktivitas harian
    1. monitoring harian siklon tropis di sekitar indonesia;
    2. mengeluarkan serta menyebarluaskan informasi dan peringatan dini cuaca terkait dengan siklon tropis;
    3. memberikan pemahaman bagi masyarakat luas mengenai siklon tropis dan dampak yang ditimbulkannya melalui kegiatan pendidikan publik;
    4. penyusunan modul-modul untuk keperluan pelatihan prakirawan dan pendidikan di Akademi Meteorologi dan Geofisika jakarta; dan
    5. penelitian mengenai siklon tropis dan pengembangan sistem penyelenggaraan TCWC Jakarta.

Daftar Isi
« Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis (TCWC)
Daftar Pustaka »

Cari prakiraan cuaca

Lokasi terdekat
Lokasi baru-baru ini